Wednesday, July 23, 2008

Kopling Great Corolla

Berikut disarikan artikel tentang kopling great corolla yang berasal dari www.bengkelgratis.com


Selamat pagi Bapak, perkenalkan saya Christian dari solo, kurang lebih 6 bulan ini saya selalu mengikuti tulisan Bapak di Suara Merdeka. Sebulan yg lalu saya mulai memakai Great Corolla 95 (sebelumnya Accord Maestro). Perkenankan saya untuk bertanya beberapa hal, terkait dengan kopling :
1. Great Corolla menggunakan jenis kopling apa, jenis mekanis atau hidrolis ?
2. Saat ini kopling terasa agak berat injakannya, tetapi perpindahan gigi sama sekali
tidak ada masalah (halus/lancar), apakah ini indikasi harus ganti plat kopling ?
3. Apakah pedal kopling bisa distel tingkat kekerasannya ?
4. Bila kondisi ini tidak saya perbaiki segera, kira kira bisa bertahan berapa lama lagi
dan seberapa besar resiko kerusakan yg mungkin timbul ?
5. Jika memang harus ganti, apakah penggantian harus satu set lengkap termasuk
matahari, laher, master atas & bawah juga ?
6. Bilamana saatnya harus penggantian satu set komplit tetapi saya hanya mengganti
secara parsial, resiko apakah yg mungkin timbul ?
Terima kasih atas penjelasan yang Bapak berikan, mohon maaf pertanyaan saya
seperti tembakan dari senapan mesin. Salam Christian SN christiansn1@gmail.com

Jawab:

  1. Jenis kopling pada Great Corolla menggunakan sisyim hidrolik, artinya pemindahan daja dari tekanan kaki sampai ke kopling menggunakan minya. Sekarang hampir semua mobil menggunakan sistim ini.
  2. Kalau injakan kaki terasa berat umumnya disebabkan oleh clutch cover (matahari) sudah tidak elastic lagi, ibarat karet tidak kenyal lagi. Jadi mesti ganti karena bagian ini tidak bisa diperbaiki.
  3. Pedal kopling tidak bisa mengurangi tingkat kekerasan, hanya mengurangi angkatan kaki saja. Jarak angkatan sampai mobil bergerak.
  4. Resiko kerusakan jangka pendek sih tidak ada, hanya semakin lama semakin pegal saja, finalnya memindahkan gigi menjadi sulit.
  5. Benar, kalau ganti sebaiknya sekali membongkar, hendaknya mengganti semua bagian di kopling. Pilot bearing, plat kopling, clutch cover, release bearing karena bagian bagian itu sudah bekerja sama lamanya.

Penggantian bagian kopling umumnya antara 80.000 km sampai 100.000 km tergantung wilayah macet. Kalau Jakarta sebih singkat, karena sering injak dan lepas, berbeda dengan di Magelang atau Solo.

From: christian sn

Sent: Wednesday, June 11, 2008 8:08 PM

Subject: Re: kopling great corolla 95

Yth Bp Martin
terimakasih atas perkenan Bapak menjawab pertanyaan2 saya, mohon maaf sekali lagi saya ingin mendapatkan penegasan ulang.
jadi kalo saat ini perpindahan gigi masih alus tanpa getaran & bunyi2, berarti saya masih memiliki waktu beberapa saat sebelum harus mengganti satu set komplit (plat kopling, matahari & laher) ? dengan kata lain belum harus ganti sekarang ?
terimakasih

Jawab:

Tidak tergantung berapa lama, tetapi nyamannya kopling tergantung berapa jauh jarak tempuh. Kalau sekarang masih lunah dan pengisian gigi tidak masalah, saya pikir kondisinya masih bagus. Gejala pertama biasanya lepas kopling bergetar, paling parah mesin mutas, kopling sudah lepas tetapi mobil tidak mau beranjak. Ini namanya kopling slip.

1 comment:

Unknown said...

Water pom brisik bs diservis g ya.???
Apa hrs ganti...
Kira2 bajetnya brp
Trimakasih